Selasa, 13 November 2012

Mesin Bubut



Mesin Bubut


Mesin bubut berfungsi untuk membentuk matrial beda lagi dengan yang berbentuk bulat. Jenis matrial yang biasa dikerjakan oleh mesin bubut biasanya berupa mild steel, kayu, carbon steel, alumunium, stainless steel, brass, bronze, Teflon, PVC, PP atau mtrial non logam lainnya. Untuk membuat matrial biasanya di lakukan dengan cara pembubutan ini ada yang berupa pin, mur, baut , pipa,tuba, cylider road, shift, bisa juag jenis yang lainnya yang berbentuk bulat.

Orang yang mempunyai usaha  bengkel permesinan seperti bengkel alat berat, bengkel otomotif,  bengkel las, dan jenis usaha lainnya, biasanya yang digunakan adalah mesin bubut, pada dasarnya mesin bubut di bagi beberapa jenis. Mesin bubut memiliki cara kerja yang mudah tidak terlalu sulit, di mana benda kerja yang akan dibentuk  akan di cekam oleh mesin kemudian di putar dan pisau bubut biasanya dibuat dari bahan yang sangat kuat, dan digunakan untuk mengurangi diameter dari benda kerja yang berputar tersebut.
Untuk memilih mesin bubut yang perlu diperhatikan adalah jenis matrial yang akan di bubut, diameter putaran dari benda kerja ( swing over bed ) serta panjang maksimal dari benda kerja ( the length to be held between centers ).

 Mesin bubut modern menawarkan berbagai kecepatan berputar dan teknik kerja untuk secara manual dan otomatis memindahkan alat potong ke benda kerja. Operator dan teknisi maintenance  harus mengenal degan baik mesin bubut dan cara operasinya untuk memudahkan pembuatan bagian-bagian hasil kerja mesin bubut baik berupa parts maupun hasil fabrikasi.
Untuk memudahkan identifikasi mesin bubut dibagi kedalam beberapa type yaitu
  • Wood Lathes : Jenis mesin bubut sederhana adalah mesin bubut kayu. Seperti namanya, ia dirancang untuk mengubah kayu. Mesin bubut kayu adalah mesin kecil yang terdiri dari bed, headstock, tailstock dan tool rest.
  • Engine Lathes
  • Toolroom Lathe
  • Turret Lathe
  • CNC Lathes  Computer numerically controlled lathes
  • Special Purpose Lathes


Miracle boy


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar